GEOLOGI DASAR 

ARTI DAN RUANG LINGKUP ILMU GEOLOGI 

2.1.     Definisi dan Ruang Lingkup 
Kata geologi berasal dari kata latin, gea berarti bumi, dan logos berarti ilmu. Geologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemahaman tentang bumi. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi sebagaj obyek utama, dan sebagian besar berhubungan dengan bagian terluar dari bumi yaitu kerak bumi.
Geologi meliputi studi tentang mineral, batuan, fosil,                                                                                                             tidak hanya sebagai obyek, tetapi menyangkut penjelasan tentang sejarah pembentukannya. Geologi juga mempelajari dan menjelaskan gambaran fisik serta proses yang berlangsung dipermukaan dan dibawah permukaan bumi, pada saat sekarang dan juga pada masa lalu. Geologi fisik didalam hal ini merupakan dasar untuk mempelajari kesemuanya ini, dengan dimulai mempelajari unsur utama, yaitu batuan sebagai penyusun kerak bumi, mengenal proses pembentukannya, serta menjelaskan kehadiran serta sifat-sifat fisiknya di bumi.

2.2.     Cabang Ilmu dalam Geologi
Ilmu geologi mempunyai ruang lingkup sangat luas, yang didalam pengkajiannya lebih dalam berkembang sebagai cabang ilmu yang bersifat lebih khusus dan terinci. Berikut ini berbagai arti geologi dipandang dari berbagai sudut pandang.
a.        Geologi sebagai ilmu pengetahuan dan seni (Science and Arts)

Dalam sudut pandang ini ilmu geologi dimerupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi sebagai suatu bentuk dari hasil proses kegiatan alam yang dapat diterangkan proses kejadiannya dengan menggunakan pendekatan dari ilmu-ilmu yang telah ada seperti ilmu fisika, biologi, kimia, dan matematika. Pada sudut pandang ini kita mempelajari bumi sebagai suatu hasil proses kegiatan kimia dan fisika yang dapat dihitung dimensi dan umurnya dan dapat diteliti proses perkembangan kehidupan yang ada dengan melihat proses evolusi mahluk hidup yang berkembang dari waktu kewaktu.
Ada beberapa cabang ilmu geologi yang bersifat ilmu pengetahuan dan seni yaitu :
1.                 Petrologi adalah studi tentang batuan, asal mula kejadiannya, terdapatnya serta penjelasan lingkungan pembentukannya. Disiplin ini akan berhubungan dengan studi tentang mineral (mineralogi) dan bentuk-bentuk kristal dari mineral (kristalografi).
2.        Stratigrafi adalah studi tentang urutan perlapisan pada batuan, membahas tentang hubungannya dan proses-proses sedimentasinya (sedimentologi) serta sejarah perkembangan cekungan sedimentasinya.
3.        Paleontologi adalah studi tentang fosil dan aspek kehidupan purba yang terekam didalam batuan. Studi ini akan membahas tentang lingkungan pembentukan batuan, umur relatif, serta menjelaskan keadaan dan proses yang terjadi pada masa lalu (paleogeografi).
4.        Geologi struktur adalah studi tentang bentuk batuan dan kerak bumi, sebagai hasil dari proses perubahan (deformasi) akibat tektonik, yaitu proses gerak yang terjadi didalam bumi.
5.        Sedimentologi adalah studi tentang proses-proses geologi dan produk yang dihasilkan dalam pembentukan batuan sediment.
6.        Tektonika adalah ilmu yang mempelajari tentang proses-proses endogen dari bumi yang menyebabkan pergerakan lempeng-lempeng yang ada serta produk yang dihasilkannya dalam membentuk raut muka bumi.

7.        Geofisika adalah ilmu yang membahas tentang sifat-sifat fisika dari bumi, mempelajari parameter fisika, menerapkan hukum dan teori fisika untuk menjelaskan tentang proses yang terjadi di bumi.
8.        Geokimia adalah ilmu yang mempelajari sifat kimia dari batuan dan kerak bumi dipelajari lebih lanjut dengan prinsip dan teori kimia untuk dapat menjelaskan proses kejadiannya.
9.        Geomorfologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bentuk-bentuk muka bumi serta proses-proses geologi yang terlibat didalamnya.
b.        Geologi sebagai ilmu sejarah
Dalam sudut pandang ini ilmu geologi dipandang sebagai suatu alat untuk mempelajari masa lalu. Sebagian ilmuan mengatakan bahwa kunci mempelajari masa lalu adalah dengan mempelajari masa kini (“The present is the key to the past” by James Hutton). Para ahli arkeologi menggunakan ilmu geologi guna mencari keberadaan fosil-fosil dari mahluk hidup yang hidup berjuta-juta tahun yang lalu dengan mencari batuan-batuan yang terbentuk pada massa itu yang mapu mengawetkan sisa-sisa kehidupan masa lalu tersebut.
c.      Geologi sebagai ilmu terapan
Didalam perkembangannya, ilmu geologi mulai tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia baik sebagai alat untuk sumberdaya alam, sebagai komponen perencanaan dan pengembangan dari suatu wilayah dan sebagai pengontrol dan pengawasan dari aktifitas geologi yang sifatnya merugikan manusia (mitigasi bencana geologi). Berikut ini beberapa cabang ilmu terapan geologi yang berkembang hingga saat ini:
1.                 Hidrogeologi adalah ilmu geologi yang mempelajari sifat fisika dan kimia dari air yang terdapat di dalam batuan dan tanah tanah serta proses-proses geologi yang mempengaruhinya.
2.                 GeologiTeknik  adalah ilmu geologi terapan yang mempelajari objek-objek dan parameter-parameter geologi sebagai suatu nilai yang dipakai dalam melakukan suatu parameter dalam studi keteknikan atau perencanaan.

3.                 GeologiMinyak dan Gas Bumi adalah ilmu geologi terapan yang mempelajari perilaku serta sifat-sifat minyak dan gas bumi didalam batuan, proses pembentukannya dan hubungan antara batuan dengan fluida didalamnya.
4.                 Geologi Eksplorasi adalah ilmu geologi terapan yang mempelajari tentang potensi mineral dari suatu wilayah serta  perencanaan dari suatu pengembangan wilayah pertambangan berdasarkan aspek geologi..
5.                 Geologi Lingkungan adalah ilmu geologi terapan yang mempelajari aspek-aspek geologi sebagai suatu nilai guna mencegah terjadinya bencana geologi yang dapat merugikan manusia.
6.                 Geologi Panas Bumi adalah ilmu terapan geologi yang mempelajari system panas bumi, proses terjadinya, keterdapatannya serta potensinya sehingga dapat dimanfaatan..
 Demikian tadi adalah sekilas singkat tentang arti dan ruang lingkup Geologi dan Ilmu-ilmu pengetahuan yang terkait dengn Geologi. Terima kasih atas kunjungannya



















                                                  

Komentar

Postingan populer dari blog ini